SEJARAH KLUB

Manchester United merupakan sebuah klub sepak bola professional asal Inggris yang bermarkas di Old Trafford, kota Manchester yang didirikan pada tahun 1878.

Tim ini pertama kali dibentuk dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway FC , mengambil nama sebuah stasiun kereta api di daerah Newton Heath.

Pada bulan Januari 1902, setelah mendapatkan investasi dana dari J.H Davies pemilik Manchester Breweries, Newton Heath FC berganti nama menjadi Manchester United.

Gelar pertama mereka diraih pada tahun 1908, dimulai saat mencetak kemenangan 2–1 atas Sheffield, Manchester United memulai kemenangan beruntun sepuluh kali berturut. akhirnya, mereka tutup musim dengan keunggulan 9 poin dari rival terdekat mereka, Aston Villa.

Era Sir Matt Busby (1945–1969)

Keputusan MU menunjuk Matt Busby adalh keputusan yang sangat tepat, terbukti ia mampu membawa MU di peringkat dua liga di tahun 1947, 1948 dan 1949 serta meraih gelar piala FA di tahun 1948.

Matt Busby dikenal sebagai salah satu manajer yang paling sukses dalam menangani Manchester United, yaitu pada pertengahan 1950-an, pertengahan 1960-an dan 1990-an).

Tragedi Munich (1958)

pada tanggal 6 Februari 1958 sebuah tragedi yang sangat memilukan untuk klub Manchester United. Saat sebuah pesawat yang membawa anggota tim pulang dari pertandingan Piala Champions Eropa mengalami sebuah kecelakaan saat mendarat di Munchen, Jerman untuk mengisi bahan bakar menewaskan 8 pemain, beberapa staff dan 15 anggota penumpang lainnya. Para korban tewas tersebut adalah Duncan Edwards, Roger Byrne, Geoff Bent, Mark Jones, David Pegg, Tommy Taylor, Liam “Billy” Whelan dan Eddie Colman. Sedangkan beberapa staf tersebut adalah Tom Curry, Bert Whalley, dan Walter Crickmer. Walaupun kehilangan banyak pemain, mereka mampu mencapai final Piala FA di tahun 1958, namun saat itu mereka kalah dari Bolton Wanderers.

Masa Sulit Manchester United (1969-1986)

Ditangani oleh Wilf McGuinness, MU mengalami era tersulitnya. Di musim 1969-1970, MU hanya finish di urutan kedelapan klasemen.

Lalu mengawali musim 1970-1971 dengan sangat buruk, sehingga Wilf McGuinness harus turun menangani tim cadangan lagi.

Sir Matt Busby kembali ke MU, meskipun hanya selama 6 bulan. Dibawah kepelatihan Matt Busby mendapat hasil yang lebih baik, tetapi ia kembali meninggalkan MU di tahun 1971. Dalam kurun waktu tersebut, MU ditinggal beberapa pemain kunci, seperti Pat Crerand dan Nobby Stiles.

Setelah kepergian Busby, Jock Stein (manager Celtic) ditunjuk sebagai manager MU (ia menyetujui kontrak tersebut secara verbal, namun ia membatalkannya).

Kemudian Frank O’Farrell ditunjuk sebagai pengganti Matt Busby, namun sama seperti MaGuinness, ia tidak bertahan lama (sekitar 18 bulan).

Pada musim liga 1985-1986, MU mengawali musim dengan baik dengan membuka jarak 10 poin sampai Oktober 1986 dengan saingan terdekatnya. Namun, penampilan MU buruk dan mengakhiri musim di urutan 4 klasemen.

Kemudian hasil buruk MU terus berlanjut hingga akhir musim. Maka pada November 1986, Ron Atkinson pun dipecat karena hasil yang buruk hingga ujung batas degradasi.

Era Sir Alex Ferguson (1986-2013)

Alex Ferguson datang dari Aberdeen untuk menggantikan Atkinson dan mengantarkan klub meraih posisi 11. Musim berikutnya yaitu musim 1987–88, United menyelesaikan liga di posisi kedua, dengan Brian McClair yang menjadi pencetak 20 gol liga setelah George Best.

United mengalami masa sulit 2 musim berikutnya. Dengan pembelian pemain yang cukup banyak, Ferguson tidak dapat memenuhi harapan suporter. Alex Ferguson telah berada dalam bahaya pemecatan pada awal 1990, tetapi sebuah gol dari Mark Robins membawa United menang 1–0 atas Nottingham Forest dibabak ketiga Piala FA. Ini membuat Ferguson terselamatkan dan pada akhirnya United memenangkan Piala FA, setelah mengalahkan Crystal Palace di partai ulang babak final.

Musim 1998–99 untuk Manchester United adalah musim tersukses karena mereka berhasil menjadi satu-satunya tim Inggris yang pernah meraih Treble(tiga gelar dalam satu musim) — dengan memenangkan Liga Premier Inggris, Piala FA dan Liga Champion UEFA di musim yang sama.

2013–sekarang

Pada tanggal 8 Mei 2013, Ferguson mengumumkan bahwa ia akan pensiun sebagai manajer pada akhir musim, tetapi dia akan tetap di klub sebagai direktur dan duta klub. Pihak klub mengumumkan pada hari berikutnya bahwa mantan manajer Everton. David Moyes akan menggantikan Ferguson mulai 1 Juli 2013, setelah menandatangani kontrak enam tahun.

Pada tanggal 22 April 2014, United mengumumkan bahwa David Moyes telah meninggalkan klub.

Pada tanggal 19 Mei 2014 Louis van Gaal resmi menggantikan Moyes sebagai pelatih. Van Gaal akhirnya dipecat di akhir musim keduanya melatih United.

José Mourinho ditunjuk menjadi pelatih United pada tanggal 27 Mei dengan kontrak tiga tahun.