Bagaimana MU Membuat Ronaldo Jadi yang Terbaik?

May 23, 2019


Berita Manchester UnitedCristiano Ronaldo memang memulai karirnya di klub asal Portugal, Sporting CP. Namun, harus diakui bahwa Manchester United lah yang membentuk dan membesarkan namanya hingga di kemudian menjadi, Cristiano menjelma menjadi pemain terbaik dunia.

Pada tahun 2003 silam, terkesan dengan bakat sang pemain saat pertandingan uji coba, Sir Alex Ferguson akhirnya memboyong Ronaldo dari Sporting.

Di usia yang masih belia, 18 tahun ia sudah dipercayakan mengenakan nomor punggung 7 yang legendaris di MU sepeninggal David Beckham. Di awal karir Premier League-nya, CR-7 menempati posisi sayap, dibekali dengan skill olah bola yang apik serta kecepatan yang mumpuni, seringkali para pemain belakang lawan dibuat kerepotan olehnya.

Di tengah decak kagum dan pujian akan rekrutan teranyar Setan Merah, Rene Meulensteen, eks pelatih fisik Man United melihat suatu kekurangan pada diri Ronaldo muda. Momen tersebut berawal dari kartu merah  yang diterima Ronaldo pada laga keduanya bersama United pada musim 2003/04 melawan Aston Vila yang membuatnya harus absen bermain dalam tiga pertandingan.

"Itu yang memberi saya peluang sempurna untuk mengerjakan beberapa hal dengan Ronaldo," buka Rene Meulensteen pada The Coaches Voice.

"Saya percaya bahwa dia adalah salah satu penyerang terbaik di usia yang sangat muda, Tapi, dia tidak cukup produktif saat itu. Kami ingin dia mencetak gol lebih banyak dan dia juga inginkan hal yang sama," imbuhnya.

Rene Meulensteen bukan hanya memberi latihan ekstra untuk Ronaldo agar skill olah bolanya terasah. Tapi, dia juga memberikan kesadaran mental bagi pemain asal Portugal untuk menekankan kerja keras dan memiliki target dalam karir sepak bolanya.

"Tujuan saya adalah membawanya dari tahap menyadari menuju ke memahami. Dia harus mengetahui posisi dia berada dan target yang ingin dicapai. Itu tentang beberapa hal di luar lapangan," tandas Rene Meulensteen.

Categories